PilkadaPolitik

Khawatir Tak Dapat Partai Koalisi Lagi Seperti Pilkada 2019, Anwar Hafid : yang Penting Jadi Calon Dulu

309
×

Khawatir Tak Dapat Partai Koalisi Lagi Seperti Pilkada 2019, Anwar Hafid : yang Penting Jadi Calon Dulu

Sebarkan artikel ini
Penulis: Abdee Mari
Anwar Hafid mendaftar di PKB Sulteng, Jumat (5/4/2024). Ahmad Ali mendaftar di PKB Sulteng Minggu (7/4/2024).

PALU, Kabar Selebes – Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah, H. Anwar Hafid terlihat masih sangat khawatir tidak bisa mendapat partai koalisi lagi seperti pada Pilkada Gubernur Sulteng 2019.

Saat itu, Anwar Hafid yang berpasangan dengan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said atau Pasha Ungu, harus rela jadi penonton setelah tidak mendapat koalisi partai untuk mencukupi syarat threshold.

Pada pilkada Sulteng 2019, hampir seluruh parpol diborong pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir dan pasangan Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala.

Rusdy Mastura-Ma’mun Amir didukung oleh 10 parpol yaitu  PAN, Hanura, Partai Garuda, PKB, Perindo, Golkar, Nasdem, PKS, PPP, dan PRD. Sementara Hidayat Lamakarate – Bartholomeus didukung Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang (PBB), PSI, Berkarya dan PKPI. 

Melihat gelagat akan terjadi hal serupa, Anwar Hafid meminta doa masyarakat Sulteng agar dirinya bisa menjadi calon Gubernur Sulawesi Tengah pada Pilkada 2024.

“Tentu ikhtiar kami sudah memulai dari PKB, doakan kami semoga ada partai yang bisa berkenan berkoalisi dan mencukupkan syarat threshold untuk bisa mencalonkan sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur,” kata Anwar Hafid, Sabtu (6/4/2024).

Anwar Hafid meminta doa agar dirinya bersama dr. Reny Lamadjido yang kini menjadi wakil walikota Palu bisa ikut bertarung di pemilihan gubernur Sulawesi Tengah.

“Doakan saya dan Ibu dokter Reny Lamadjido bisa menjadi calon (Gubernur Sulteng). Jadi calon saja dulu. Insya Allah jika sudah jadi calon berikutnya kita berdoa lagi agar kita teripilih,” kata Anwar Hafid.

Kekhawatiran Anwar Hafid itu bukan tanpa alasan. Karena salah satu suksesor Rusdy Mastura – Ma’mun Amir tahun 2019 yaitu Ahmad Ali, saat ini bakal menjadi lawannya di Pilkada Sulteng 2024.

Ahmad Ali adalah figur dibalik gagalnya Anwar Hafid – Pasha Ungu menjadi calon gubernur dan wakil gubernur tahun 2019.

Bahkan, keduanya kini berebut dukungan dari PKB Sulteng untuk menjadi koalisi. Keduanya bahkan sudah mendaftar sebagai calon gubernur dari PKB Sulteng. Anwar Hafid mendaftar di PKB Sulteng tanggal 5 April 2024 sementara Ahmad Ali mendaftar pada hari ini, 7 April 2024.

Drama penjegalan Anwar Hafid di Pilkada 2019 pernah terkonfirmasi dari ketiga figur, yaitu Anwar Hafid, Hidayat Lamakarate dan Ahmad Ali ketika ketiganya menjadi narasumber di Podcast KabarSelebes.id dua tahun lalu.

Alur cerita bagaimana drama itu terjadi sama persis disampaikan oleh ketiganya dalam waktu berbeda. 

Akankah Drama itu kembali terjadi?

(Abd)