Ekonomi

Beri Kuliah Umum di Untad Palu, OJK Dorong Mahasiswa Manfaatkan Asuransi untuk Masa Depan Lebih Terjamin

25
×

Beri Kuliah Umum di Untad Palu, OJK Dorong Mahasiswa Manfaatkan Asuransi untuk Masa Depan Lebih Terjamin

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari

PALU, Kabar Selebes – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mengajak masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa, untuk memanfaatkan produk dan layanan asuransi sebagai langkah penting dalam menjamin keuangan dari risiko yang tidak terduga.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun, Ogi Prastomiyono, dalam sebuah Kuliah Umum bertema “Transformasi Industri Perasuransian Sebagai Upaya Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional” di Universitas Tadulako (Untad) Palu, Sulawesi Tengah, pada hari Kamis, (25/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ogi menekankan pentingnya generasi muda untuk “expect the unexpected” atau mempersiapkan diri terhadap hal-hal yang tidak terduga untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Menurutnya, asuransi memainkan peran krusial dalam hal ini, karena dapat membantu individu mempersiapkan diri terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang.

“Expect the unexpected sangat terkait dengan asuransi, jadi bersiaplah terhadap hal-hal yang tidak terduga, sesuatu yang belum tentu kita harapkan tapi kita sudah bersiap-siap dan salah satunya adalah melalui asuransi,” kata Ogi.

Ogi juga mengajak mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan, melakukan investasi secara tepat, dan memahami manajemen risiko dalam keuangan. Selain itu, OJK terus memperkuat pengawasan terhadap industri asuransi dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, guna melindungi konsumen dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap asuransi.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 1.500 mahasiswa di Kota Palu dan diikuti secara daring oleh berbagai kampus di Sulawesi Tengah. Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Amar, S.T., M.T., I.P.U., serta beberapa narasumber terkemuka dari industri asuransi di Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Amar, S.T., M.T., I.P.U., menyambut baik kehadiran OJK dalam memberikan pemahaman mengenai perkembangan sektor jasa keuangan, khususnya di sektor perasuransian. Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah positif untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi mahasiswa serta memperkenalkan praktik terbaik dalam industri asuransi di Indonesia.

Untuk melengkapi kegiatan Kuliah Umum, para pelaku usaha jasa keuangan di sektor asuransi di Kota Palu juga menggelar mini expo di area kampus. Kegiatan ini tidak hanya untuk memeriahkan suasana, tetapi juga untuk lebih mendekatkan produk dan layanan asuransi kepada masyarakat, serta memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai manfaat dan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi.***