Sulawesi Tengah

BI Dorong Peningkatan Produksi, Inovasi dan Promosi UMKM dan Wisata Sulawesi Tengah di Sulteng Expo 2024

18
×

BI Dorong Peningkatan Produksi, Inovasi dan Promosi UMKM dan Wisata Sulawesi Tengah di Sulteng Expo 2024

Sebarkan artikel ini
Penulis: Abdee Mari
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung

PALU, Kabar Selebes – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung, dalam sambutannya melalui video conference pada pembukaan Sulteng Expo 2024 di Sirkuit Panggona, Kamis (25/4/2024), menyampaikan tiga pesan utama untuk mendorong kemajuan UMKM dan wisata di Sulawesi Tengah.

Pertama, Juda Agung menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas produk UMKM. “Produk UMKM harus memiliki kualitas yang baik dan jumlah produksi yang memenuhi skala ekonomis,” ujarnya.

Ia mendorong UMKM untuk membentuk kelompok atau klaster untuk saling membantu memenuhi permintaan pasar yang meningkat. Bank Indonesia siap mendukung upaya ini dengan menghadirkan pendampingan, ahli yang memahami tren pasar, dan kurator untuk membantu memasarkan produk UMKM.

Kedua, Juda Agung mendorong inovasi produk UMKM untuk mengikuti perkembangan selera pasar yang dinamis. “Inovasi harus selalu dilakukan,” tegasnya.

Bank Indonesia akan memberikan pendampingan melalui Kantor Perwakilan BI di Sulawesi Tengah, dengan menghadirkan ahli tren pasar dan kurator untuk membantu UMKM berinovasi dan memasarkan produk mereka.

Ketiga, Juda Agung melihat potensi besar wisata Sulawesi Tengah yang kaya akan alam dan budaya, termasuk megalit yang tak kalah menarik dengan Easter Island di Chile.

“Potensi-potensi wisata ini perlu kita banggakan dan kita promosikan untuk semakin menarik wisatawan,” imbuhnya.

Ia mendorong agar megalit di Sulawesi Tengah diajukan sebagai Warisan Dunia UNESCO untuk meningkatkan daya tarik wisata dan mempermudah pemasarannya ke seluruh dunia.

Juda Agung meyakini bahwa dengan fokus pada peningkatan produksi, inovasi, dan promosi, UMKM dan wisata Sulawesi Tengah akan semakin berkembang dan digemari konsumen serta wisatawan.

Sulteng Expo 2024 diharapkan menjadi platform untuk mendorong kemajuan UMKM dan wisata Sulawesi Tengah, serta menjadikannya kekuatan ekonomi penting di wilayah tersebut.(abd)