Pilihan

Peran Inkindo Diakui Krusial Bagi Sulteng Sebagai Kawasan Penyangga IKN

19
×

Peran Inkindo Diakui Krusial Bagi Sulteng Sebagai Kawasan Penyangga IKN

Sebarkan artikel ini
Penulis: FirshaEditor: Abdee Mari
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Ma’mun Amir forum anggota dan sarasehan Inkindo Sulteng tahun 2024 di hotel BW Coco, Sabtu (27/4/2024).

PALU, Kabar Selebes – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Ma’mun Amir menegaskan peran konsultan sangatlah penting dalam pembangunan daerah, khususnya dengan ditetapkannya Sulteng sebagai kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kalau Inkindo ingin memberikan saran dan masukan, bisa ke perangkat daerah karena (Sulteng) ada KPN (Kawasan Pangan Nusantara) dan industri perikanan halal untuk menyangga IKN,” ujar Wagub Ma’mun Amir dalam acara forum anggota dan sarasehan Inkindo Sulteng tahun 2024 di hotel BW Coco, Sabtu (27/4/2024).

Pernyataan Wagub tersebut sejalan dengan tema acara, yaitu ‘penguatan konsultan lokal untuk menunjang Sulteng sebagai provinsi penyangga IKN Nusantara’.

Lebih lanjut, Wagub Ma’mun Amir menjelaskan bahwa Gubernur Rusdy Mastura sangat aktif memperjuangkan Peraturan Presiden (Perpres) Kawasan Penyangga IKN. Ia meyakini bahwa Perpres tersebut akan membawa banyak manfaat bagi Sulteng sebagai daerah penyangga terdekat IKN.

Oleh karena itu, Wagub Ma’mun Amir mengajak anggota Inkindo untuk bersama-sama membangun ide dan berkolaborasi secara berkelanjutan dalam menjawab tantangan pembangunan dan peluang-peluang yang dapat diambil dari keberadaan IKN.

“Kerjasama yang baik dengan Inkindo semoga berjalan dengan baik untuk menyelesaikan masalah-masalah,” harap Wagub Ma’mun Amir.

Senada dengan Wagub Ma’mun Amir, Ketua DPP Inkindo Sulteng Ir. Syaiful Pagesa melihat banyak potensi ekonomi yang bisa digali dari IKN, mengingat Sulteng sebagai kawasan penyangga terdekat.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat menjelaskan apa-apa saja yang bisa dikerjakan di IKN,” harap Ir. Syaiful Pagesa.

Ia pun meminta dukungan pemerintah provinsi untuk melindungi dan memberdayakan pengusaha-pengusaha lokal yang tergabung dalam Inkindo Sulteng.

“Kami juga mohon dilindungi secara kebijakan agar dapat menjadi tuan rumah di Sulawesi Tengah,” harapnya agar pengusaha lokal lebih banyak terlibat dalam pembangunan daerah.

Acara forum anggota dan sarasehan Inkindo Sulteng tahun 2024 ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Farid R. Yotolembah, M.Si, Ketua DPN Inkindo Ir. Erie Heryadi, M.H, pejabat dari otorita IKN, pengurus Inkindo dan mitra kerja.***