Sulawesi Tengah

UIN Datokarama Palu Gelar Workshop Literasi Kewirausahaan untuk Mahasiswa

11
×

UIN Datokarama Palu Gelar Workshop Literasi Kewirausahaan untuk Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Workshop literasi kewirausahaan untuk mahasiswa/mahasiswi UIN Datokarama Palu

PALU, Kabar Selebes – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu menyelenggarakan workshop literasi kewirausahaan untuk mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi negeri tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam membangun usaha atau berwirausaha, Rabu (01/05/2024).

Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama, Rifai, mengatakan bahwa workshop ini merupakan amanah Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2023 yang menekankan tentang transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kearifan lokal dan kewirausahaan. Hal ini juga sejalan dengan visi UIN Datokarama yang menekankan pada aspek kewirausahaan.

BACA JUGA :  Rektor UIN Datokarama Palu Ajak Umat Beragama Cegah Hoaks di Pemilu 2024

Workshop ini diikuti oleh 80 mahasiswa/i UIN Datokarama dari berbagai fakultas. Dalam workshop ini, para mahasiswa mendapatkan materi tentang literasi kewirausahaan, peluang usaha, dan praktik pengelolaan usaha.

Rifai menjelaskan bahwa literasi kewirausahaan menjadi satu pendekatan penting dalam membentuk dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melihat peluang usaha. “Literasi kewirausahaan diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam membangun kemandirian dan menjadi solusi pengentasan pengangguran,” ujarnya.

BACA JUGA :  UIN Datokarama Palu Raih Penghargaan atas Peran Aktif Mendukung Program Penjaringan Siswa Berprestasi di Kawasan Transmigrasi

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa juga melakukan praktik kewirausahaan, yaitu mengelola beberapa varian rasa kopi Sulteng.

UPT Perpustakaan UIN Datokarama juga menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi Provinsi Sulteng dan Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN-DK Palu. Dari kerja sama ini, diharapkan dapat terbentuk cafe agen literasi perpustakaan, inkubator bisnis pemula bagi mahasiswa, dan legalitas badan usaha koperasi bagi mahasiswa pelaku usaha.***