Nasional

Silaturahmi Alumni Unhas: Prof Yusran dan Herwin Yatim Bahas Potensi Pertanian Banggai

21
×

Silaturahmi Alumni Unhas: Prof Yusran dan Herwin Yatim Bahas Potensi Pertanian Banggai

Sebarkan artikel ini
Penulis: FikriEditor: Abdee Mari
Sekjen IKA Unhas Silaturahim dengan Bupati Banggai Periode 2016-2021

JAKARTA, Kabar Selebes – Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, melakukan silaturahim dengan Bupati Banggai Periode 2016-2021, Dr. Ir. Herwin Yatim MM, di salah satu rumah makan di Sarinah Jakarta, pada hari Rabu (1/5/2024).

Pertemuan ini bukan sekadar silaturahim biasa, karena ternyata Prof Yusran adalah junior Herwin Yatim di Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unhas. Pembicaraan dalam pertemuan ini lebih banyak fokus pada pengalaman mereka selama di kampus merah Unhas dan pengalaman Herwin Yatim selama menjabat sebagai bupati Banggai.

Latar belakang keduanya di bidang Pertanian dan Kehutanan, membawa mereka berdua fokus pada pengembangan potensi pertanian di kabupaten Banggai.

Herwin Yatim menjelaskan bahwa pertemuan dengan Sekjen IKA ini hanya silaturahmi biasa sebagai sesama alumni Unhas. “Saya kira ini hanya pertemuan silaturahmi setelah lebaran. Apalagi saya dan pak Prof sama-sama alumni pertanian dan kehutanan. Sebagai alumni saya tentu harus bersilaturahmi kepada pak prof selaku sekjen,” ujar Herwin.

Dalam suasana penuh keakraban ini, mantan ketua Kadin Banggai ini juga banyak memaparkan beberapa potensi kabupaten Banggai seperti di bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri dan pariwisata. Potensi tersebut menurutnya perlu terus dikembangkan lebih baik lagi ke depannya.

“Sebagai ahli pertanian, kehutanan dan lingkungan tentu saya harus banyak mendapatkan informasi ke pak Prof. Karena beliau saat ini dipercaya juga oleh menteri pertanian bapak Dr. Amran Sulaiman sebagai staf ahli di kementrian Pertanian,” ujarnya.

Herwin Yatim juga memberikan informasi bahwa Banggai tiga kali tanam per tahun dengan komoditas padi, dan palawija. Jumlah produksi sawah setiap musim tanam rata-rata 95.000 Ton Gabah dengan produksi per hektarnya rata-rata 5 ton perhektar dan jika dikonversi menjadi beras sebesar 57.000 Ton permusim tanam. Produksi sawah per tahun kurang lebih 114.000 Ton, konsumsi beras per orang sebesar 100,9 Kg per Tahun dikali penduduk berjumlah 366.224 jiwa kebutuhan konsumsi sebesar 36.952 Ton, dari hasil produksi beras satu musim tanam saja sudah memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan surplus 20.048 Ton, dan jika di tambah 57.000 ton hasil produksi musim tanam kedua maka Surplus Produksi Beras Kabupaten Banggai sebesar 77.446.

Menanggapi hal tersebut, Prof Yusran mengaku siap membantu ide dan pemikiran untuk pengembangan potensi pertanian dan kehutanan di Banggai. Sebagai Sekjen Ika Unhas, Prof Yusran juga berharap Herwin mampu menggalang kerjasama dengan seluruh alumni Unhas yang ada di Kabupaten Banggai.

Herwin Yatim yang juga pernah mendapatkan Satya Lencana Kependudukan dan Keluarga Berencana dari Presiden Jokowi ini, juga memohon doa restu dari Prof Yusran selaku sesama alumni atas keinginannya kembali bertarung di Pilkada Banggai 2024.

Hadir dalam pertemuan tersebut beberapa pengurus pusat IKA Unhas, H. Ilham Rasyid, Kahar Gani, Saharuddin Ridwan dan Amirullah Tahir.(fik)