Sulawesi Tengah

Di Musrenbangnas, Gubernur Rusdy Mastura Sebut Sulawesi Tengah Berperan dalam Harmonisasi Daerah dan Pusat

32
×

Di Musrenbangnas, Gubernur Rusdy Mastura Sebut Sulawesi Tengah Berperan dalam Harmonisasi Daerah dan Pusat

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Senin (6/5/2024).

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Senin (6/5/2024).

Turut mendampinginya adalah Sekretaris Daerah Dra. Novalina, MM, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra yang merangkap sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dr. Hj. Rohani Mastura, M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dr. Ir. Christina Sandra Tobondo, MT, serta Kepala Dinas Cikasda Andy Ruly Djanggola.

BACA JUGA :  Hadiri Istana Berbatik, Gubernur Rusdy Mastura promosikan batik khas Sulawesi Tengah

Acara Musrenbangnas ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, para Menteri terkait, serta gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia.

Dengan tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, Musrenbangnas kali ini menggali strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Presiden Jokowi dalam arahannya menekankan pentingnya kehati-hatian dalam penyusunan fiskal dan anggaran untuk memastikan setiap rupiah yang dianggarkan sesuai dengan rencana yang telah disusun.

BACA JUGA :  Tolak HGU PT. KAM, Perwakilan Masyarakat Adat Suku Taa Mamosalato mengadu ke Gubernur Sulawesi Tengah

Dia juga mengingatkan para pemangku kepentingan untuk memprioritaskan program-program yang telah direncanakan serta mengelola fiskal dan anggaran dengan cermat, mengingat potensi kenaikan harga minyak dan bunga pinjaman yang dapat mempengaruhi beban fiskal negara.

Gubernur H. Rusdy Mastura, dalam kesempatan tersebut, menegaskan komitmen Sulawesi Tengah untuk berperan aktif dalam harmonisasi dan sinkronisasi program antara pemerintah pusat dan daerah.

BACA JUGA :  Gubernur Sulawesi Tengah, Hibahkan Dana Pemilihan Serentak 2024

“Hal ini bertujuan untuk memastikan arah pembangunan yang lebih efektif dan efisien,” jelas Rusdy Mastura.

Selain itu, ia juga berjanji untuk segera menindaklanjuti hasil rekomendasi Musrenbangnas bersama jajarannya, dengan fokus khusus pada persiapan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga Kawasan Industri Khusus Nusantara di Kalimantan.

Komitmen dan keseriusan Gubernur H. Rusdy Mastura serta jajarannya dalam mendukung agenda nasional ini menegaskan peran Sulawesi Tengah dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia.**