Tutup
Sulawesi Tengah

PGLII dan FKUB Kota Palu Perkuat Kerjasama untuk Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama

×

PGLII dan FKUB Kota Palu Perkuat Kerjasama untuk Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama

Sebarkan artikel ini
Penulis: Asi Nurjanah GumilangEditor: Abdee Mari
Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berpose bersama (Foto: Asi )

PALU, Kabar Selebes – Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Palu sepakat untuk memperkuat kolaborasi dalam membangun kerukunan antar umat beragama di Kota Palu. Kesepakatan ini tercapai dalam rapat yang diadakan di Kantor Kesbangpol Kota Palu pada hari Senin, (20/5/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh delapan pengurus baru PGLII dan delapan pengurus FKUB. Dalam pertemuan ini, pengurus baru PGLII memperkenalkan diri dan menyampaikan visi dan misi periode baru mereka, yang disambut baik oleh FKUB.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Selain itu, PGLII melaporkan kondisi 44 gereja lokal di bawah naungannya, termasuk kondisi infrastruktur dan kebutuhan mendesak. Beberapa gereja memerlukan tempat ibadah yang lebih representatif dan layak.

Ketua PGLII, Pendeta Amiruddin W. S.Th, S.PAK, M.Th, menjelaskan bahwa peningkatan infrastruktur gereja menjadi salah satu prioritas utama.

“Kami memerlukan dukungan untuk menyediakan tempat ibadah yang layak bagi jemaat kami,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, FKUB menyatakan kesediaannya untuk membantu PGLII dalam mencari solusi dan lokasi yang tepat untuk pembangunan tempat ibadah, serta membantu dalam proses perizinan dan koordinasi dengan pemerintah setempat.

Ketua FKUB Kota Palu, Ismail Pangeran, mengatakan, FKUB akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk memfasilitasi proses perizinan dan koordinasi pembangunan tempat ibadah.

“Kami siap membantu dalam mencari solusi terbaik untuk masalah infrastruktur gereja ini,” kata Ismail Pangeran.

Selain itu, kedua lembaga sepakat untuk membangun kolaborasi yang erat dalam berbagai kegiatan, seperti sosialisasi dan edukasi kerukunan antar umat beragama, kegiatan kemanusiaan dan sosial, serta pembentukan program bersama untuk mendukung pembangunan gereja.

Pada akhir pertemuan, Ketua PGLII Pendeta Amiruddin W. S.Th, S.PAK, M.Th menyerahkan berkas kepengurusan kepada Ketua FKUB Kota Palu Bapak Ismail Pangeran.

Pertemuan ini juga ditutup dengan pembuatan video ucapan selamat Hari Waisak, menunjukkan komitmen kedua lembaga dalam mempromosikan kerukunan dan toleransi.

FKUB dan PGLII berkomitmen untuk terus menjalin komunikasi dan kolaborasi yang erat guna menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota Palu.

Rapat diakhiri dengan harapan dan semangat untuk memperkuat kerukunan umat beragama di Kota Palu.(asi/abd))