Tutup
Sulawesi Tengah

Fraksi NasDem DPRD Tojo Unauna Dorong Pemekaran Kepulauan Togean Menjadi Kabupaten Otonomi Baru

×

Fraksi NasDem DPRD Tojo Unauna Dorong Pemekaran Kepulauan Togean Menjadi Kabupaten Otonomi Baru

Sebarkan artikel ini
Penulis: Firsha MawaldyEditor: Abdee Mari
Ketua Fraksi NasDem Jafar M. Amin dan Ketua DPRD Kabupaten Tojo Unauna, Mahmud Lahay menyerahkan berkas usulan pemekaran kepada Kamran Muchtar Podomi, ST., anggota Fraksi NasDem DPR RI.

PALU, Kabar Selebes  – Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Tojo Unauna menunjukkan keseriusannya dalam mendukung pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kepulauan Togean di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dukungan ini terlihat dalam pertemuan Fraksi NasDem Kabupaten Tojo Una-Una dengan Fraksi NasDem DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Advertisment
Scroll hingga akhir

Kunjungan bersejarah ini bertujuan untuk mendorong Kepulauan Togean menjadi kabupaten otonomi yang terpisah dari Kabupaten Tojo Unauna sebagai induknya.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi dari DPRD Kabupaten Tojo Unauna menyerahkan dokumen usulan DOB Kepulauan Togean yang berisi rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh anggota Fraksi NasDem DPR RI, Kamran Muchtar Podomi, ST., yang didampingi oleh sejumlah tenaga ahli Fraksi.

Mewakili DPRD Kabupaten Tojo Unauna, hadir Ketua Fraksi NasDem Jafar M. Amin dan Ketua DPRD Kabupaten Tojo Unauna, Mahmud Lahay.

Mahmud Lahay menyampaikan harapan masyarakat Kabupaten Tojo Unauna dan Sulawesi Tengah kepada DPR RI untuk mendorong pemekaran Kepulauan Togean sebagai kabupaten otonomi, bersama kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah.

Menurutnya, pemekaran ini sangat diinginkan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan pelayanan publik dan memaksimalkan potensi lokal.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Tojo Unauna menambahkan bahwa jika Kepulauan Togean ditetapkan sebagai kabupaten, daerah ini akan cepat berkembang karena memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang menjanjikan.

Kamran Muchtar Podomi, ST., anggota Fraksi NasDem DPR RI, menyambut baik usulan pemekaran Kepulauan Togean.

Kamran, yang juga anggota Panitia Kerja (Panja) Pemekaran Daerah, mengatakan bahwa pemekaran daerah sangat penting karena dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memaksimalkan potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia setempat.

 “Pemekaran daerah itu penting karena mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memaksimalkan potensi daerah setempat. Potensi daerah berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia harus dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Kamran.

Diharapkan dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, proses pemekaran Kepulauan Togean dapat berjalan lancar dan segera terealisasi, membawa dampak positif bagi perkembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat.(*)