Tutup
Sulawesi Tengah

Dinas Pertanian Poso Salurkan Bibit Padi-Jagung 1.118 Hektare di Poso Pesisir

×

Dinas Pertanian Poso Salurkan Bibit Padi-Jagung 1.118 Hektare di Poso Pesisir

Sebarkan artikel ini
Bupati Poso, Verna GM Inkiriwang bersama Kadis Pertanian dan Hortikultura Poso, Mustafa Tohan, Kapolres Poso, AKBP Arthur Sameaputty SIK, memanen padi pada panen raya padi sawah di Desa Pantangolemba, Kecamatan Poso Pesisir, Kamis (13/6/2024). FOTO : Dok Kominfo Poso

POSO, KabarSelebes – Dinas Pertanian Kabupaten Poso, akan memberikan bantuan bibit padi dan jagung untuk para petani di Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso. Total bantuan untuk kedua benih itu sebanyak 1.118 hektare.

Dengan rincian, benih jagung seluas 500 hektare akan didistribusi kepada 28 kelompok tani yang tersebar di 13 desa di Kecamatan Poso Pesisir.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Kemudian, benih padi dan saprodi seluas 618 hektare tersebar di 35 kelompok tani di enam desa yakni, Kasiguncu, Masamba, Mapane, Masani, Pinedapa dan Desa Saatu.

Hal itu disampaikan dalam sambutan Bupati Poso, Verna GM Inkiriwang pada panen raya padi sawah di Desa Pantangolemba, Kecamatan Poso Pesisir, Kamis (13/6/2024).

“Selaku pemerintah daerah, perhatian kami wujudkan dalam bentuk bantuan kepada masyarakat kelompok tani yang ada di wilayah poso pesisir,” kata Verna Inkiriwang.

Selain bantuan bibit padi dan jagung, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, juga akan menyalurkan bantuan saprodi yaitu penangkaran padi seluas 10 hektare untuk kelompok tani Teambaita di Desa Saatu.

Kemudian, bantuan alat mesin pertanian pasca panen, bantuan bibit durian dan alpokat untuk kelompok tani di Kecamatan Poso Pesisir.

“Harapan kami tentunya semua bantuan yang diberikan dapat memberi manfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat khusus petani,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pemberian bantuan pertanian dilakukan secara bertahap dan bergilir. Hal itu merupakan regulasi yang telah ditetapkan pemerintah.

“Jika tahun ini di Poso Pesisir, maka tahun depan tentu akan dialokasikan kepada masyarakat di kecamatan lain. Olehnya, ketika mendapatkan bantuan harus benar-benar dimanfaatkan secara bijaksana sesuai peruntukannya,” ujarnya. (Nur)

Silakan komentar Anda Disini….