Tutup
Tekno

Indosat dan Google Cloud Mempercepat Transformasi Digital dengan AI

×

Indosat dan Google Cloud Mempercepat Transformasi Digital dengan AI

Sebarkan artikel ini
Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud melanjutkan kerja sama strategis jangka panjang dengan tujuan mempercepat transformasi Indosat dari Telco menjadi AI Native TechCo.

JAKARTA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud memperkuat kerja sama strategis jangka panjang mereka untuk mempercepat transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi menjadi AI Native TechCo.

Kolaborasi ini mengintegrasikan jaringan luas, operasional, dan dataset pelanggan Indosat dengan teknologi AI Google Cloud untuk meningkatkan pengalaman bagi lebih dari 100 juta pelanggan serta menyediakan solusi AI dan generatif (GenAI) bagi bisnis di Indonesia.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Kerja sama ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi AI dalam memperkuat kemampuan manusia melalui analisis data multimodal, pengenalan pola, dan rekomendasi yang akurat. Ini akan membuka aliran pendapatan baru, meningkatkan efisiensi, dan memperbaiki pengalaman pelanggan. Beberapa inovasi utama dalam kolaborasi ini meliputi:

1. Modernisasi Layanan Pelanggan: Google Cloud’s Contact Center AI akan meningkatkan produktivitas agen layanan pelanggan dengan GenAI, menyediakan transkripsi panggilan langsung, rekomendasi tanggapan berbasis wawasan, dan analisis sentimen pascapanggilan untuk penyelesaian masalah pelanggan yang lebih cepat dan efektif.

2. Pembuatan Konten Dinamis dan Hiperpersonalisasi: Agen AI Kreatif dengan kemampuan multimodal dan multibahasa akan membantu pemasar dalam mengidentifikasi prospek bernilai tinggi, menghasilkan konten kaya, dan berinteraksi dengan pelanggan melalui penawaran yang dipersonalisasi.

3. Analitik Geospasial dan Pemodelan Prediktif: Model dan alat machine learning (ML) Google Cloud yang dilatih dengan dataset operasional Indosat akan membantu berbagai industri dalam pengambilan keputusan terkait lokasi strategis, manajemen aset, dan mitigasi bencana.

4. Operasi Jaringan dan TI yang Ditingkatkan: Sistem optimasi mandiri dengan dukungan ML untuk memprediksi ROI, mengurangi konsumsi energi, dan mendeteksi masalah secara proaktif, menghasilkan penghematan biaya dan peningkatan keandalan layanan.

5. Transformasi Back Office: Aplikasi pencarian perusahaan yang didukung oleh GenAI akan mempercepat akses informasi bagi tim SDM, Hukum, Pengadaan, dan Keuangan, meningkatkan produktivitas dan pengambilan keputusan.

Indosat dan Google Cloud juga berencana untuk memberdayakan ekosistem digital Indonesia melalui inisiatif go-to-market bersama, menyediakan solusi AI bagi UMKM, startup, perusahaan, dan organisasi sektor publik.

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan teknologi mutakhir. Kolaborasi ini adalah langkah signifikan dalam misi kami untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo dan mendorong inovasi serta ekonomi digital Indonesia.”

Karan Bajwa, Vice President Asia Pasifik Google Cloud, menambahkan, “Kolaborasi ini menunjukkan kekuatan transformasional AI dalam telekomunikasi dan menjadi cetak biru bagi sektor lain yang ingin memanfaatkan teknologi ini untuk pertumbuhan dan dampak nasional.”

Kerja sama ini mempertegas komitmen kedua perusahaan dalam mendorong kemajuan teknologi dan ekonomi digital di Indonesia.

Silakan komentar Anda Disini….