Tutup
Sulawesi Tengah

Pemuda Hijrah Ampibabo Aktif dalam Sosial dan Dakwah di Parigi Moutong

×

Pemuda Hijrah Ampibabo Aktif dalam Sosial dan Dakwah di Parigi Moutong

Sebarkan artikel ini

AMPIBABO, Kabar Selebes — Organisasi Kelompok Sahabat Hijrah Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, yang dipimpin oleh Muh. Rizal Larate, telah menjadi wadah bagi pemuda untuk mendalami agama Islam serta berkontribusi dalam kegiatan sosial di wilayah tersebut.

Kelompok ini didirikan bersama Jamaah Wahdah Islamiyah (WI) Kecamatan Ampibabo dengan tujuan utama berdakwah dan mengajak masyarakat, khususnya pemuda, untuk mempelajari agama Islam secara benar melalui metode tarbiyah dan taklim.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Kelompok Sahabat Hijrah menjalankan berbagai program sosial melalui inisiatif “Hijrah Peduli Berbagi.” Program ini mencakup:

– Sahabat Berbagi: Pembagian makanan gratis, sedekah Jumat, dan sembako untuk masyarakat miskin.

– Sahabat Peduli: Bantuan untuk mendirikan dan merehabilitasi rumah tidak layak huni bagi masyarakat miskin.

– Dakwah Pedalaman: Bersama Wahdah Islamiyah, komunitas ini melakukan dakwah di wilayah pedalaman Kecamatan Tinombo.

– Pembinaan Sahabat Hijrah: Melalui metode tarbiyah, taklim, dan dirosah.

Kegiatan sosial ini didukung oleh dana dari berbagai donatur dan sponsor, termasuk Hotel Zein Ampibabo, Toko Salsa Ampibabo, Abmar TV, Lazis Wahdah Parigi, serta infak dan sedekah dari masyarakat dan Jamaah Masjid Al-Qubaisi Ampibabo.

Meskipun saat ini belum memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan belum terdaftar secara resmi di Kesbangpol Kabupaten Parigi Moutong, organisasi ini berencana untuk segera mendaftarkan diri agar diakui sebagai organisasi resmi.

Dalam melaksanakan kegiatan sosial seperti rehab rumah dan bantuan kepada masyarakat miskin, Sahabat Hijrah selalu bersinergi dengan pemerintah desa, kecamatan, dan Kepolisian Sektor Ampibabo. Hal ini bertujuan untuk memastikan bantuan tepat sasaran dan menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Kelompok Sahabat Hijrah, di bawah bimbingan Wahdah Islamiyah, menentang paham radikal dan siap bersinergi dengan kepolisian untuk memberantas paham radikal. Mereka juga mendukung pelaksanaan operasi Madago Raya dengan mencegah penyebaran paham radikal yang dapat mengarah pada aksi terorisme.

Selain itu, pengurus Pemuda Hijrah Ampibabo mendukung aparat keamanan dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar warga Ampibabo dapat beraktivitas dengan aman dan lancar.

Dengan berbagai aktivitas positif ini, Kelompok Sahabat Hijrah berupaya meningkatkan kesejahteraan dan kedamaian di Kecamatan Ampibabo serta berkontribusi dalam pembangunan sosial dan spiritual di Kabupaten Parigi Moutong.

Silakan komentar Anda Disini….