Tutup
Sulawesi Tengah

Tragedi Pasien Ditandu Sejauh 64 KM di Pipikoro Ternyata Tetangga Desa Asal Wakil Bupati Sigi

×

Tragedi Pasien Ditandu Sejauh 64 KM di Pipikoro Ternyata Tetangga Desa Asal Wakil Bupati Sigi

Sebarkan artikel ini
Editor: Abdee Mari
Pasien yang ditandu asal Desa Kalamanta, Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah sejauh 64 KM untuk mendapatlan fasilitas Kesehatan. Insert Foto Samuel Pongi.(foto: kabarselebes)

PALU, Kabar Selebes  – Kisah tragis menimpa Arifin, seorang pasien dengan kaki diabetik asal Desa Kalamanta, Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Senin pagi (17/6/2024).

Arifin harus ditandu oleh warga sejauh 64 kilometer menuju Rumah Sakit Gimpu karena jalan rusak dan medan yang sulit membuat kendaraan roda dua maupun roda empat tidak memungkinkan untuk mengangkutnya.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Kejadian ini menyeret nama Wakil Bupati Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, mengingat Arifin bertetangga kampung dengan sang Wabup.

Baca Juga : Miris! Pasien di Sigi Dirujuk dari Puskesmas dengan Ditandu Sejauh 64 Km Melewati Jurang Berbahaya

Meskipun Dr. Samuel Yansen Pongi, yang lahir dan besar di Desa Kantewu, Kecamatan Pipikoro, menjadi Wakil Bupati Sigi, kondisi infrastruktur di wilayah tersebut tetap memprihatinkan.

Samuel Pongi belum mampu melepaskan kampung halamannya dari status daerah terisolir, meski meraih suara terbanyak di Pipikoro pada Pilkada Sigi 2020.

Kondisi Arifin yang harus ditandu sejauh itu menunjukkan betapa seriusnya masalah infrastruktur di Kecamatan Pipikoro.

Meskipun sudah dua tahun lebih menjabat, kontribusi Samuel Pongi untuk memperbaiki infrastruktur di kampung halamannya belum sepenuhnya terlihat.

Profil Wakil Bupati Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, SE., MSi

Samuel Pongi adalah Wakil Bupati Sigi yang ke-3. Ia digandeng Mohamad Irwan Lapatta pada Pilkada Sigi tahun 2020 dan pasangan ini menang dengan perolehan 77.376 suara (56,60%), mengalahkan pasangan Husen Habibu – Paulina.

Samuel lahir di Kantewu pada 15 Juni 1975 dan menikah dengan Roro Istianti. Mereka dikaruniai tiga orang putra.

Samuel menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi di STIE Panca Bhakti Palu (sekarang Universitas Azis Lamadjido), kemudian meraih gelar magister di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan gelar doktor di Universitas Tadulako Palu.

Aktif di berbagai organisasi, Samuel saat ini menjabat Ketua GAMKI Sulteng dan aktif di gereja, sering memberikan khutbah. Sebelum menjadi Wakil Bupati Sigi, Samuel adalah ASN aktif.

Karirnya mulai menanjak saat menjabat Sekretaris Camat Kulawi Selatan, kemudian menjadi salah satu Kabid di Bappeda Sigi, sebelum dipromosi menjadi Sekretaris Bappeda.

Sebelum mencalonkan diri sebagai wakil bupati, ia menjabat Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi.**

Silakan komentar Anda Disini….