Tutup
Pilkada

Dua Lembaga Survei Klaim Anwar Hafid Unggul dari Ahmad Ali dan Rusdy Mastura di Pilgub Sulawesi Tengah

×

Dua Lembaga Survei Klaim Anwar Hafid Unggul dari Ahmad Ali dan Rusdy Mastura di Pilgub Sulawesi Tengah

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Kabar Selebes  – Persaingan dalam pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah semakin memanas. 

Dari 25 nama calon gubernur hasil survei yang dikeluarkan oleh Indikator Indonesia, politisi Partai Demokrat Anwar Hafid menonjol dengan tingkat elektabilitas mencapai 15,4 persen.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Anwar Hafid unggul dari kandidat lainnya, termasuk politisi Nasdem Ahmad Ali yang meraih elektabilitas sebesar 12,4 persen dan incumbent Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang mendapatkan 7,5 persen. 

Selain itu, ada Mamun Amir dengan 5,4 persen dan Nilam Sari Lawira dengan 5,0 persen.

Survei ini dilakukan pada 1-9 Mei 2024 dan melibatkan 800 responden dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi Sulawesi Tengah, dengan distribusi yang proporsional. 

Hasil survei tersebut dirilis di jurnas.com pada Selasa (25/6/2024).

Selain Indikator Indonesia, Indonesia Political Review juga mengeluarkan survei elektabilitas calon gubernur. 

Hasilnya menunjukkan Anwar Hafid memperoleh 9,23 persen, disusul oleh Hidayat Lamakarate dengan 8,21 persen, Ahmad Ali dengan 7,38 persen, Rusdy Mastura dengan 2,36 persen, dan Iwan Lapata dengan 1,44 persen. Sementara itu, 71,38 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu (TT/TJ).

Indikator Politik Indonesia juga merilis survei pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk pemilihan Gubernur Sulteng 2024. 

Pasangan Anwar Hafid – Reny A. Lamadjido, yang diusung oleh Partai Demokrat, PBB, dan PKB, unggul di dua lembaga survei dengan perolehan 22,3 persen. 

Mereka mengalahkan pasangan Ahmad Ali – Moh. Irwan Lapatta yang mendapatkan 21,5 persen, serta pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir yang memperoleh 18,0 persen. Sebanyak 38,2 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Menanggapi hasil survei yang menunjukkan keunggulannya, Anwar Hafid tidak banyak berkomentar. 

Dia menekankan pentingnya bekerja untuk masyarakat dan memenuhi janji-janji dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR RI. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Sulteng. Ini suatu kehormatan bagi saya. Mohon doanya,” ujar mantan Bupati Kabupaten Morowali dua periode ini.

Anwar Hafid memang sudah dikenal luas di Sulawesi Tengah. Kiprahnya selama ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

Saat ini, Anwar menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah dan telah dipercaya rakyat Sulteng selama dua periode sebagai anggota DPR RI. Dorongan masyarakat Sulteng untuk maju sebagai Gubernur sudah ada sejak lama, dan dia berharap tahun ini dapat terwujud. 

“Insya Allah tahun ini ada jalan, mohon doanya,” jelas Anwar.***

Silakan komentar Anda Disini….