Tutup
Sulawesi Tengah

Polda Sulteng Siapkan Perwira Polri Unggulan: 8 Taruna Lolos Seleksi Akhir Akpol 2024

×

Polda Sulteng Siapkan Perwira Polri Unggulan: 8 Taruna Lolos Seleksi Akhir Akpol 2024

Sebarkan artikel ini
Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, SIK

PALU, Kabar Selebes  – Dalam upaya mencetak perwira Polri yang berkualitas, Polda Sulawesi Tengah menggelar sidang akhir kelulusan tingkat Panda penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran (T.A) 2024.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, SIK di Rupatama Polda Sulteng pada Rabu (3/7/2024).

Advertisment
Scroll hingga akhir

Seleksi yang diikuti oleh 77 pendaftar (71 pria dan 6 wanita) ini, menyisakan 18 peserta (16 pria dan 2 wanita) setelah melewati berbagai tahapan yang ketat.

Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko dalam sambutannya menekankan pentingnya proses seleksi yang komprehensif sesuai dengan peraturan Kapolri nomor 10 tahun 2016.

“Seleksi ini bertujuan untuk menghasilkan personel Polri yang sehat, cerdas, berintegritas, serta bermoral tinggi,” ujarnya.

Sidang ini bukan hanya menilai dari segi akademik, tetapi juga aspek psikologi dan jasmani, memastikan bahwa taruna yang terpilih benar-benar memiliki kualitas yang diperlukan untuk menjadi perwira Polri yang kompeten.

Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol. Djoko Wienartono, menegaskan bahwa 8 peserta yang lulus terpilih terdiri dari 6 pria dan 2 wanita, siap melanjutkan seleksi tingkat pusat di Akpol Semarang, Jawa Tengah.

Transformasi dan Pembinaan Berkelanjutan

Proses seleksi yang ketat ini mencerminkan komitmen Polda Sulteng dalam melakukan transformasi dan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan perwira Polri yang unggul.

“Penerimaan taruna Akpol adalah bagian dari penyediaan sumber daya manusia Polri yang bertujuan memilih warga negara yang berkualitas untuk menjadi perwira Polri,” tambah Brigjen Pol. Soeseno.

Selain itu, Brigjen Pol. Soeseno juga memberikan motivasi kepada peserta yang belum berhasil lolos.

“Kepada calon taruna Akpol yang dinyatakan lulus tidak terpilih, agar tidak kecewa dan berkecil hati. Masih ada seleksi penerimaan anggota Polri tahun berikutnya. Evaluasi kekurangan tahun ini sehingga dapat lulus di tahun depan,” pesannya.

Komitmen pada Proses Transparan dan Akuntabel

Sidang akhir kelulusan ini juga menegaskan komitmen Polda Sulteng pada proses seleksi yang transparan dan akuntabel.

Brigjen Pol. Soeseno menegaskan bahwa hasil yang diumumkan adalah hasil yang dapat dipertanggungjawabkan dan terbaik berdasarkan kemampuan masing-masing peserta.

Hal ini menunjukkan dedikasi Polda Sulteng dalam memastikan bahwa proses seleksi dilakukan dengan adil dan objektif.

Dengan selesainya sidang ini, diharapkan para taruna yang lulus dapat membawa nama baik Polda Sulteng dan terus berjuang untuk meraih kesuksesan di tingkat pusat.

Sidang akhir kelulusan ini menjadi langkah penting dalam upaya Polda Sulteng untuk mencetak perwira Polri yang siap menghadapi tantangan dan bertugas dengan integritas tinggi di tengah masyarakat.***

Silakan komentar Anda Disini….