Tutup
Pilkada

Ahmad Ali Prioritaskan Asuransi Pertanian sebagai Program Unggulan jika Terpilih Gubernur Sulteng

×

Ahmad Ali Prioritaskan Asuransi Pertanian sebagai Program Unggulan jika Terpilih Gubernur Sulteng

Sebarkan artikel ini

PARIMO, Kabar Selebes – Asuransi di sektor pertanian menjadi salah satu program andalan Ahmad Ali jika terpilih sebagai gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurutnya, asuransi pertanian adalah solusi terbaik yang dapat memberikan perlindungan kepada petani ketika mengalami gagal panen.

Advertisment
Scroll hingga akhir

“Pertanian adalah sektor usaha yang selalu berhadapan dengan ketidakpastian, terutama risiko gagal panen akibat perubahan iklim,” ujar Ahmad Ali. “Penduduk Parigi Moutong mayoritas adalah petani. Saya ingin mereka tersenyum karena tidak lagi dibayangi persoalan hama, gagal panen, dan sebagainya. Karena negara hadir untuk memberikan asuransi terhadap setiap jengkal lahan pertanian masyarakat,” katanya saat bertemu dengan ratusan warga Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, Jumat (5/7/2024).

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem itu menegaskan bahwa ia tidak ingin menebar janji yang muluk-muluk hanya untuk meraih simpati masyarakat, namun kemudian tidak mampu menepatinya.

“Saya tidak menebar janji yang muluk-muluk. Tidak menjanjikan bantuan Rp1 juta untuk setiap kepala keluarga lewat kartu-kartu. Saya berjanji dan memastikan bahwa setiap jengkal lahan pertanian masyarakat mendapat asuransi. Tidak ada lagi kekhawatiran jika gagal panen,” tegas Ahmad Ali.

Melalui asuransi pertanian, lanjutnya, petani harus bisa berdikari dan lepas dari ketergantungan kepada tengkulak.

Tengkulak sering kali dianggap sebagai ‘pemeras’ kaum tani, yang dapat memainkan harga seenaknya. Sementara petani hanya bisa menerima uang penjualan tanpa bisa menawar atau mematok harga.

“Saya ingin tidak ada lagi ketakutan petani terhadap para tengkulak. Pupuk, bibit, dan semua lahan pertanian akan diasuransikan. Petani tak lagi dipandang sebelah mata. Petani punya kontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat,” tutup Ahmad Ali.***

Silakan komentar Anda Disini….