Tutup
Pilkada

Elektabilitas Menanjak, Anwar Hafid Posisi Teratas Survei Populi Center Kalahkan Ahmad Ali dan Petahana

×

Elektabilitas Menanjak, Anwar Hafid Posisi Teratas Survei Populi Center Kalahkan Ahmad Ali dan Petahana

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Kabar Selebes – Bakal calon Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dari Partai Demokrat, Anwar Hafid, kembali memimpin dalam survei elektabilitas terbaru yang dilakukan oleh Populi Center.

Survei yang diterima pada Sabtu (6/7) menunjukkan bahwa Anwar Hafid tetap menjadi pilihan utama masyarakat Sulawesi Tengah jika pemilihan gubernur diadakan antara akhir Juni hingga awal Juli 2024.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Dalam survei tersebut, Anwar Hafid memperoleh elektabilitas sebesar 46,7 persen, menjadikannya konsisten berada di posisi teratas dalam setiap putaran simulasi.

Survei ini menunjukkan bahwa dalam empat simulasi pemilihan yang dilakukan, Anwar Hafid selalu memimpin.

Pada simulasi pertama, Anwar Hafid memperoleh 46,7 persen suara, diikuti oleh Rusdy Mastura dengan 26,8 persen, dan Mohamad Irwan Lapata dengan 6,6 persen.

Simulasi kedua menunjukkan Anwar Hafid tetap unggul dengan 38,6 persen suara, disusul oleh Ahmad Ali dengan 38,6 persen, dan Mohamad Irwan Lapata dengan 6,5 persen suara.

Dalam simulasi ketiga, Anwar Hafid kembali memimpin dengan 37,3 persen suara, sementara Ahmad Ali berada di posisi kedua dengan 36,5 persen, dan Hidayat Lamakarate meraih 11,2 persen suara.

Simulasi keempat memperlihatkan perubahan, di mana Ahmad Ali unggul dengan 33,5 persen suara, diikuti oleh Anwar Hafid dengan 31,8 persen, dan Rusdy Mastura dengan 21 persen.

Dalam simulasi dua calon (head to head), Anwar Hafid tetap menunjukkan dominasinya di semua model simulasi. Pada simulasi pertama, ia meraih 65,6 persen suara, mengungguli Mohamad Irwan Lapata yang hanya mendapat 11,1 persen.

Simulasi kedua menunjukkan Anwar Hafid memperoleh 63,7 persen suara, mengalahkan Hidayat Lamakarate yang meraih 14,3 persen. Pada simulasi ketiga, ia mendapatkan 49,8 persen suara, sementara Rusdy Mastura memperoleh 31 persen.

Simulasi keempat memperlihatkan Anwar Hafid unggul dengan 43,3 persen suara, mengalahkan Ahmad Ali yang memperoleh 41,4 persen.

Dalam simulasi pasangan, Anwar Hafid yang diperkirakan akan berpasangan dengan Reny Lamadjido juga unggul atas pasangan lainnya.

Pada simulasi pertama, pasangan Anwar Hafid-Reny Lamadjido meraih 43,4 persen suara, mengalahkan pasangan Rusdy Mastura-Ahmad Ali dengan 36,1 persen.

Simulasi kedua menunjukkan pasangan Anwar Hafid-Reny Lamadjido mendapatkan 41,4 persen suara, unggul atas pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri yang meraih 39,9 persen.

Survei ini dilaksanakan dari tanggal 24 Juni hingga 3 Juli 2024 dengan melibatkan responden yang tersebar secara proporsional di 13 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah.

Tujuan survei adalah untuk memetakan persaingan terkini antara calon gubernur yang potensial. Survei ini dibiayai secara mandiri dan dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.000 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat.

Margin of Error (MoE) survei ini adalah ± 4 – 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. ***

Silakan komentar Anda Disini….