Sulawesi Tengah

Hingga Desember 2018, Kepesertaan BPJS di Sulteng 88,82%

330
×

Hingga Desember 2018, Kepesertaan BPJS di Sulteng 88,82%

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah mengapresiasi komitmen pemerintah kabupaten/kota dalam menyukseskan program Universal Health Coveragr (UHC)/ Perlindungan Kesehatan Semesta tahun 2019.

Dengan komitmen itu mewajibkan pemerintah kota/kabupaten menganggarkan 80 % dari APBDnya buat membayar iuran jaminan kesehatan warganya ke BPJS Kesehatan. Sedang sisanya (20 %) ditanggung Pemerintah Provinsi.

“Kalau untuk kesehatan itu harus, maka Saya mendorong para bupati berani berbuat untuk itu,” kata Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola saat Penandatanganan kerjasama UHC dan integrasi Jaminan Kesehatan Daerah di Hotel Santika, Rabu(26/12).

BACA JUGA :  Bupati Tutup Kejurprov Catur Se-Sulteng di Morowali

“Kalau diurut prioritas (maka) kesehatan dulu, baru pendidikan dan (terakhir) infrastruktur,” jelas gubernur, mendeskripsikan skala prioritas yang dipakainya dalam pembangunan Sulawesi Tengah.

Lebih jauh gubernur terangkan bahwa pemprov sudah komitmen dalam menyahuti amanah UU No. 40 Tahun 2004 dan UU No. 24 Tahun 2011 bahwa paling lambat per 1 Januari 2019, penduduk Indonesia khususnya Sulteng sudah memiliki jaminan sosial kesehatan.

BACA JUGA :  Tak ada Kasus Terorisme, Polres Poso Selesaikan 438 Kasus Gangguan Kamtibmas

“Dengan begitu, Saya mengharapkan supaya para pemerintah kabupaten yang belum ber-MoU dengan BPJS Kesehatan agar segera menyusul,” tegasnya supaya cepat menerapkan program UHC 2019.

Sementara Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sulawesi Utara, Sulteng, Gorontalo dan Maluku Utara Anurman Huda mengungkapkan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Sulteng per 22 Desember 2018 sudah mencapai 82,88 % dan diprediksinya akan naik hingga 89 % per 1 Januari 2019, seiring tercapainya MoU UHC dengan Pemkot Palu, Tolitoli dan Parigi Moutong pada acara tsb.

BACA JUGA :  Turis Australia Ini Senang Bisa Ikut Upacara HUT RI di Palu

Atas hal itu maka Ia mewakili BPJS Kesehatan memberikan apresiasi dan piagam penghargaan atas komitmen Pemprov Sulteng, Pemkot Palu, Pemkab Tolitoli dan Parimo menyukseskan UHC serta ke Pemkab Buol dan Banggai yang sudah lebih dulu menerapkannya.

Hadir di acara, Walikota Palu Hidayat, Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata, Bupati Buol, Plt Bupati Bangkep, Wabup Poso, Wabup Tojo Unauna dan Wabup Morowali.

Sumber Humas Prov Sulteng