Regional

Peduli Bencana, Radio Nebula FM Raih KPID Sulsel Award

693
×

Peduli Bencana, Radio Nebula FM Raih KPID Sulsel Award

Sebarkan artikel ini

Makassar, Kabar Selebes – Stasiun Radio Nebula FM Palu akan diberikan penghargaan khusus atas kepeduliannya saat bencana gempa 7,4 Magnitudo disusul tsunami dan likuifaksi melanda Palu, Provinsi Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Penghargaan diberikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan pada malam penganugerahan KPID Sulsel Award 2018 yang akan digelar di Trans Studio Makassar, Kamis (29/11/2018).

Ketua Komisioner KPID Sulsel, Mattewakkan mengatakan meski tidak beroperasi di Sulawesi Selatan, Nebula FM pantas diganjar penghargaan.

BACA JUGA :  Gadang-Gadang Arah Politik Gerindra Sulteng Pasca Longki

Pasalnya, kata dia, stasiun radio itu menjadi lembaga penyiaran yang paling cepat beraktifitas setelah bencana menerjang Kota Palu dan sekitarnya.

“Aktifitas penyiaran yang dilakukan menjadi sangat bermanfaat dalam pemberian bantuan dan pencarian korban. Keadaan di Palu saat itu sangat minim mekanisme penyebaran informasi sehingga aktifitas Nebula FM tersebut menjadi sangat penting,” jelasnya.

Sebagai salah stasiun radio yang berpusat di Kota Palu, Nebula FM memiliki peranan penting usai bencana meluluh lantahkan Palu, Sigi, dan Donggala pada 28 September lalu. Terutama dalam hal memberikan informasi.

BACA JUGA :  Warga Kalamanta Lihat Kendaraan Jeep Touring Berbalik Arah Kembali ke Palu

Tokoh masyarakat setempat, Erick Tamalagi yang menjadi saksi bagaimana anak-anak Nebula FM bekerja, mengatakan kantor Radio Nebula FM yang juga terkena dampak bencana kembali mengudara pasca gempa pada 7 Oktober.

“Begitu mengudara, Radio Nebula bekerjasama dengan First Respon Indonesia Radio. Mereka menjembatani informasi antara pengungsi dan relawan terkait kebutuhan pengungsi, titik-titik pengungsi serta informasi masyarakat tentang anggota keluarga yang belum ditemukan,” cerita Erick, Jumat (23/11/2018).

Pada saat bersamaan, lanjutnya, Nebula FM juga menjembatani kebutuhan informasi akan hal-hal penting terkait tanggap bencana melalui talk show interaktif bersama pihak-pihak yang berkompeten. Seperti BMKG, BPBD, dan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA :  Polisi Limpahkan Tersangka Kasus Aborsi ke Kejari Tolitoli

“Beberapa nara sumber dalam talkshow juga bersifat perorangan membagi pengalaman mereka saat berada di titik-titik pengungsian yang susah terpantau,. Hal ini tentu sangat membantu penyaluran bantuan,” tandasnya.

Penghargaan KPID Sulsel ke Radio Nebula Palu, diserahkan langsung oleh Komisioner KPI Pusat sekaligus Kordinator Wilayah Sulawesi. (*)

Award KPID Sulsel untuk Radio Nebula FM Palu. Foto Istimewa