RSUD Morowali Tetapkan 1 PDP, Juru Bicara Covid-19: Pasien Sudah Diteruskan ke RSU Undata Palu

  • Bagikan
Ashar Ma'ruf

MOROWALI, Kabar Selebes – Berdasarkan sumber informasi dari RSUD Kabupaten Morowali, bahwa seorang pasien sudah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Ashar Ma’ruf, kepada sejumlah wartawan, Rabu (1/4/2020) menjelaskan, PDP itu adalah Warga Negara Indonesia (WNI) usia 69 tahun, alamat Belopa, Sulawesi Selatan, berdasarkan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Yang bersangkutan (PDP) datang ke Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah, karena ada kegiatan usaha,” kata Ashar Ma’ruf.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa dua minggu yang lalu, Orang Dalam Pengawasan (ODP) tersebut telah mendapatkan tindakan operasi dari salah satu Rumah Sakit di Makassar, Sulawesi Selatan.

“ODP kemarin datang berobat di RSUD Morowali, dengan keluhan sakit demam, dan oleh dokter menduga penyakit ODP tersebut adalah tyroid,” jelas Ashar.

“Hari ini oleh pihak RSUD melakukan pemeriksaan kembali, termasuk rapid tes antibody dua kali dengan hasil positif, dan foto rontgen oleh pihak dokter menggambarkan penyakitnya ke arah pneumonia,” jelasnya lagi.

Dilanjutkannya, maka berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut oleh pihak RSUD Morowali menetapkan pasien tersebut  sebagai status PDP, dengan upaya merujuk ke RSUD Kolonodale, Morowali Utara, sebagai Rumah Sakit rujukan.

Masih dikatakan Ashar, menurut Direktur RSUD Morowali bahwa pasien sudah diteruskan ke RSU Undata Palu sebagai pusat rujukan di Sulawesi Tengah.

“Demikian disampaikan sesuai sumber informasi dari Direktur RSUD Morowali,” kata Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Morowali ini.

Ashar juga memohon bantuan, bila ada tetangga, keluarga, kenalan, sahabat, yang dari berpergian di daerah yang sudah positif, agar menghubungi hotline yang sudah diketahui.

“Kami akan segera melakukan pemeriksaan bila ada gejala panas, batuk, pilek, sesak. Insya Allah segera kami datangi,” tutupnya. (abd/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Strategi di Tengah Pandemi Covid-19

Pada bulan Desember 2019, otoritas Cina mengumumkan pada dunia bahwa terdapat virus yang menyebar pada...

Close