PilihanSulawesi Barat

Sopir Truk Pengangkut Material di Kantor Gubernur Sulbar Kesetrum Listrik Tegangan Tinggi

436
×

Sopir Truk Pengangkut Material di Kantor Gubernur Sulbar Kesetrum Listrik Tegangan Tinggi

Sebarkan artikel ini
Petugas PLN memperbaiki aliran listrik di kantor Gubernur Sulbar, Senin (18/01/2020). (Foto: Mohammad Arief/KabarSelebes.ID)

MAMUJU, Kabar Selebes – Seorang sopir truk nyaris tewas akibat kesetrum aliran listrik tegangan tinggi di tempat pembuangan material tak jauh dari kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (18/01/2021) malam sekitar pukul 23.20 WITA.

Bahri sopir truk yang nyaris merenggang nyawa itu mengaku diperintah oleh atasannya untuk membersihkan material di kantor Gubernur, salah satu spot yang akan dikunjungi Presiden Joko Widodo Selasa (19/01/2021) besok.

Sopir truk asal Makassar ini mejelaskan, saat itu ia baru saja selesai membuang material dan memutar mundur kendaraan untuk kembali mengambil material di bagian depan kantor Gubernur Sulbar.

Aktifitas pengangkutan material reruntuhan kantor Gubernur Sulbar. (Foto: Mohammad Arief/KabarSelebes.ID)

Ia mengaku saat itu tidak menyadari kabel PLN yang rendah. Sehingga saat memutar mundur, bagian belakang truck yang dikemudikan mengait kabel yang rendah.

Tarikan itu seketika mengakibatkan korslet. Percikan api tampak berpendar dari tiang listrik. Pengungsi yang mendirikan tenda di sekitaran tempat kejadian bahkan dibikin terkejut. Pun halnya dengn pasukan pengawal Presiden (Paspampres) yang duduk tak jauh dari tiang listrik sontak berdiri.

Akibat kejadian itu kompleks pengungsi yang baru menikmati listrik selama dua malam kembali menjadi gelap gulita.

Bahri mengatakan ia menyenggol kabel listrik karena tidak ada petugas yang mengarahkan truknya saat memutar balik. “Kabelnya terlalu rendah. Petugasnya hanya konsentrasi mengatur alat berat. Tidak ada yang mengarahkan saat truk memutar di badan jalan,” katanya.

Saat kabel melekat di truk, Bahar merasa badannya tersengat saat menyentuh truk yang dikendarainya. Menyadari ada yang tidak beres, ia melompat duduk di kursi sopir yang berbahan gabus dan tidak berani menyentuh bodi truk yang terlilit kabel besar.

Pantauan jurnalis KabarSelebes.ID, truk warna hijau muda itu terparkir dengan pintu depan terbuka. Tidak ada yang berani berinisiatif menutupnya. Bagian samping kiri mobil terlihat hangus dan terdapat kabel melilit kuat. Bahkan petugas PLN yang datang beberapa saat kemudian tidak berani menyentuhnya.

Berselang beberapa saat kemudian, barulah petugas PLN berhasil melepaskan kabel yang melekat di bagian sisi mobil pengangkut material itu.

Kebut Pembersihan Reruntuhan Jelang Kedatangan Presiden

Sementara, kesibukan di kantor gubernur terus berlanjut. Pembersihan reruntuhan di kompleks kantor Gubernur yang rencananya akan dikunjungi Presiden Jokowi tampak terus dikebut.

Presiden Jokowi dijadwalkan berada di Mamuju besok Selasa (19/01/2021) dengan menggunakan pesawat pribadi tiba sekitar pukul 12.20 WITA.

Para petugas PLN nampak masih melakukan perbaikan agar aliran listrik bisa kembali normal sehingga dapat difungsikan sebelum Presiden Jokowi datang.

Agenda kedatangan Jokowi ke Sulbar diketahui guna meninjau ke sejumlah titik daerah yang mengalami rusak total akibat gempa bumi magnitudo 6,2 beberapa waktu lalu.  (maf/ap)

Laporan : Mohammad Arief