Sulawesi Tengah

Cegah Narkoba, Bank Syariah Mandiri Poso Laksanakan Tes Urine

248
×

Cegah Narkoba, Bank Syariah Mandiri Poso Laksanakan Tes Urine

Sebarkan artikel ini

POSO, Kabar Selebes- Pihak Bank Syariah Mandiri Kabupaten Poso, Sulteng, Jumat pagi 20 Desember 2019 melaksanakan tes urine ke semua karyawan.

Tes urine dilakukan untuk mendukung program pemerintah daerah dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di wilayah Poso.

Program tes urine tersebut bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Poso dilakukan secara terbuka dipimpin oleh Kasubag Umum BNN Poso, Hilman Maku mewakili kepala BNN Poso.

BACA JUGA :  Kampanye Terbatas Prabowo-Sandi di Luwuk Dihadiri Ratusan Simpatisan, Berikut Foto-fotonya..

Sebanyak 18 orang karyawan bersama pimpinan bank dilakukan tes urine satu-satu persatu dengan cara mengambil air seni untuk kemudian dilakukan pemeriksaan urine.

Kepada wartawan, Ramdan Malik selaku Branch Manager Bank Syariah Mandiri Poso menyampaikan, pihaknya berinisiatif melakukan tes urine untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terkait obat terlarang di lingkungan
kerjanya.

“Tentunya yang kami lakukan ini sebagai deteksi awal, karena karyawan kita di jam-jam kerja kan tidak diketahui apa
yang mereka lakukan diluar jadi meminimalisir hal-hal yang kami tidak inginkan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Dua Tersangka Kasus Narkoba di Sigi Dibekuk Polisi

Kata Ramdan Malik, program tes urine yang dilakukan bagian terpenting dalam mendukung pemerintah untuk mencegah serta memberantas narkoba di lingkungan swasta.

Menurut Ramdan Malik, jika ada ditemukan karyawan yang positif narkoba, nantinya akan diambil keputusan yang dilakukan secara internal kantor.

Kasubag Umum BNN Poso, Hilman Maku mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka melakukan instruksi presiden yang sekaligus ditindak lanjuti oleh instruksi bupati Poso dalam upaya P4GN disemua komponen masyarakat termasuk karyawan BUMD swasta, sehingga melakukan cegah dini guna mengantisipasi hal-hal tentang penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di lingkungan instansi swasta.

BACA JUGA :  PKB Sulteng Belum Putuskan Usungan Pilkada Serentak

“Dengan adanya kegiatan ini harapan kami, agar semua masyarakat bisa selalu bersama-sama dalam rangka mengawasi upaya-upaya penyalahgunaan peredaran gelap narkoba,” harap Hilman Maku.

Selain Bank Syariah Mandiri sebelumnya BNN Poso juga melakukan tes urine di Bandara Kasiguncu Poso, dan nantinya tes urine akan berlanjut di lingkungan swasta lainnya.(RYND)