Sepanjang 2019, Bencana di Sulteng Paling Banyak Terjadi di Sigi

Salah seorang warga melintas di lokasi banjir bandang di desa Bolapapu Sigi. (Foto: Pataruddin)

PALU, Kabar Selebes – Sepanjang tahun 2019 yang lalu wilayah yang paling banyak dilanda bencana  di Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten Sigi.

Menurut Kepala BPBD Sulteng Bartholomeus Tandigala bahwa yang mendominasi bencana  sepanjang tahun 2019 ini adalah bencana banjir yang disertai dengan longsor.

Hampir semua wilayah di Sulawesi Tengah kontur tanahnya lepas artinya ketika terjadi banjir akan disertai dengan material yang ikut terbawa dengan banjir seperti lumpur, pasir dan batu.

BACA JUGA :  Pulo Dua Magnet Baru Pariwisata Banggai

“Sehingga kami dari pihak BPBD mengimbau kapada seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan bencana banjir dan tanah longsor yang bermukim di bantaran sungai dan lereng bukit,” kata Bartholomeus Rabu (15/1/2020).

Menurut Bartholomeus, sepanjang tahun 2019, selain Kabupaten Sigi yang yang dilanda bencana ada beberapa wilayah di Sulteng juga dilanda bencana seperti Donggala, Buol,Morowali Utara, Morowali dan Banggai.

BACA JUGA :  Dua Meninggal 48 Dirawat Akibat DBD di Palu

Selain banjir yang melanda Sigi di sepanjang tahun 2019 juga terjadi kekeringan di Kabupaten Banggai.

Sementara, memasuki awal Januari tahun 2020, Sulawesi Tengah kembali dilanda bencana di Donggala yaitu air pasang atau rob yang mengakibatkan 4 Desa di Kabupaten tersebut terendam.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....