Sulawesi Tengah

Banjir di Bahomakmur Akibat Tanggul Penahan Jebol, Syarifudin Hafid: Harus Segera Dilakukan Normalisasi Sungai

344
×

Banjir di Bahomakmur Akibat Tanggul Penahan Jebol, Syarifudin Hafid: Harus Segera Dilakukan Normalisasi Sungai

Sebarkan artikel ini
Ketua dan Wakil Ketua I DPRD Morowali saat melakukan peninjauan di lokasi banjir di Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi. (Foto: Doc.)

MOROWALI, Kabar Selebes – Jebolnya tanggul mengakibatkan meluapnya air sungai dan terjadi banjir di Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Sabtu, 23 April 2022.

Terkait banjir itu, Ketua DPRD Kuswandi dan Wakil Ketua I DPRD Morowali Syarifudin Hafid, melakukan peninjauan dan turun langsung ke lokasi.

Dikatakan Syarifudin, bahwa terhadap penyebab banjir tersebut, maka dalam waktu dekat akan dilakukan pengerukan atau normalisasi sungai yang menyebabkan meluapnya banjir.

“Untuk masalah ganti rugi sudah disepakati antara masyarakat yang terdampak dengan IMIP, dan tadi sementara dilakukan pendataan terhadap masyarakat korban,” katanya kepada KabarSelebes.id pada Minggu (24/04/2022).

Menurut warga Desa Bahomakmur, bahwa tanggul penahan jebol, sehingga air hujan yang ditampung di setting pond atau kolam pengendapan di area stocpile divisi bijh nikel meluap.

“Harus ada evaluasi itu dari instansi terkait, dinas lingkungan hidup, UPT ESDM, BPBD dan tata ruang, terkait kinerja bagian enviromental di PT IMIP, kasihan masyarakat selalu jadi korban,” harap warga. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani