Sulawesi Tengah

Darmin A Sigilipu: 5 Tahun Hanya Bisa Bangun Pondasi

578
×

Darmin A Sigilipu: 5 Tahun Hanya Bisa Bangun Pondasi

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memberikan isyarat akan maju lagi pada pemilihan kepala daerah mendatang.

Menurut Darmin, membangun daerah dalam masa lima tahun itu ibarat membangun sebuah bangunan hanya sebatas pondasi. Bangunan baru bisa berdiri kokoh butuh waktu lima tahun lagi.

Ini menjadi semacam isyarat dari Darmin Agustinus Sigilipu, Bupati Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, periode 2015-2020 kalau dirinya akan ikut bertarung di kancah politik lima tahunan nanti.

BACA JUGA :  02SN Tingkat Nasional di Semarang, Dua Siswa Morowali Harumkan Sulawesi Tengah

Kata Darmin, apalagi Poso yang selama ini dikenal justru dari sisi kelamnya dibandingkan sejuta potensi yang terpendam. Stigma Poso dalam serial kerusuhan maupun aksi terorisme, bukanlah hal mudah untuk dikikis. Pembangunan berbagai sektor dalam beberapa tahun terakhir belum bisa mengangkat Poso ke arah yang lebih baik. Begitupula dengan kesejahteraan rakyatnya.

“Itu semua membutuhkan kerja keras dan dukungan berbagai lapisan dan elemen. Baik pemerintah pusat, daerah dan rakyatnya sendiri,” kata Darmin, Jumat malam, 5 Juli 2019 di Palu.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Diminta Ikuti Rekomendasi WHO Terkait Pencegahan Covid-19

Menciptakan kondisi kondusif masih menjadi hutang bagi Darmin terutama di wilayah pegunungan yang selama ini menjadi tempat persembunyian orang tak dikenal dan menjadi buruan operasi pengamanan.

Selama menjabat, prajuit Korps Marinir berpangkat Kolonel itu memang punya kans yang besar. Secara politik, Darmin tak perlu kerja keras meminta dukungan partai. Posisinya sebagai Ketua DPC Partai Kabupaten Poso itu tentu punya kesempatan lebih besar. Raihan tujuh kursi Partai Golkar di DPRD Poso menjadi guarantee baginya.

BACA JUGA :  Warga Kalamanta Lihat Kendaraan Jeep Touring Berbalik Arah Kembali ke Palu

Meski begitu Darmin tetap menjalin peluang koalisi dengan partai lain untuk mempetkuat barisan pendukung di parlemen maupun potensi pendukung dari modal yang sudah dikantonginya.

Bagi Pak Darmin –begitu sapaan akrabnya, itu hal biasa menggalang koalisi karena tidak mungkin membangun daerah sednrian.

Darmin mengangkat tagline Cerdas (Cantik, Elok, Ramah, Damai, Aman dan Sejahtera).

Menurut Darmin, tagline itu memberikan gambaran bahwa saat Poso sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. (Patar)